7 poin berharga untuk Dompet yang Tipis - Financing
Wednesday, March 18, 2009

7 poin berharga untuk Dompet yang Tipis

Dalam buku fenomenalnya yang berjudul The Richest Man In Babylon, George S. Clason memberi pelajaran-pelajaran berharga dalam hal keuangan.
Salah satu bab yang layak untuk saya bagi pada Anda ada pada halaman 35, di mana Clason memberi tujuh poin berharga yang ia sebut sebagai “Seven Cures for A Lean Purse” atau “Tujuh Obat untuk Dompet yang Tipis”.
Apa saja ketujuh obat tersebut?
Sebenarnya tips berikut hampir sama dengan apa yang disebutkan oleh Robert Allen, tapi ada beberapa perbedaan - dan yang ini lebih original, karena Clason lebih dahulu menulis tentangnya.


Berikut saya beri ringkasannya untuk Anda :


Obat #1: Simpan 10% dari Penghasilan Anda
Mungkin Anda sering mendengar prinsip ini. Artinya, prinsip ini memang berhasil jika diterapkan :) Anda harus menyimpan 10% dari penghasilan Anda untuk diri sendiri. Jangan berikan 10% tersebut pada saya, penjual mobil, supir taksi, tukang bakso, dan lain lain. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan 90% dari pendapatan Anda untuk itu semua.

Obat #2: Kendalikan Pengeluaran Anda
Jika Anda bertanya, “bagaimana jika saya tak punya cukup uang untuk ditabung?” Clason memberi jawabannya pada obat kedua: Anda harus membedakan antara keinginan dan kebutuhan.
Dalam bukunya, Clason menyebutkan bahwa apakah seseorang itu penghasilannya tinggi atau rendah, semuanya bisa memiliki dompet yang sama-sama kosong. Karena itu, masalahnya ada pada mengendalikan pengeluaran secara bijak.

Obat #3: Lipat Gandakan Penghasilan Anda
Menyimpan 10% saja tidak cukup. Anda juga perlu melipatgandakan atau meningkatkan pendapatkan Anda. Anda bisa melakukannya dengan melakukan investasi pada bisnis yang Anda suka. Mungkin saja investasi deposito, real estate, bisnis afiliasi, atau hal-hal lain yang mampu Anda lakukan. Intinya adalah, Anda harus memiliki pemasukan yang terus mengalir.

Obat #4: Jaga Uang Anda
Jangan biarkan hasil kerja keras Anda hilang begitu saja. Jika Anda ingin meminjamkan uang, pastikan bahwa orang yang akan Anda pinjami mampu membayar hutang tersebut. Kemudian, jika Anda ingin melakukan kerjasama bisnis dengan orang lain, pastikan ia tahu apa yang ia lakukan. Artinya, jangan bekerjasama dengan orang yang salah atau tidak ahli dalam bidangnya.

Oh ya...dalam salah satu eBook saya, Aturan-Aturan Emas Sukses Finansial, Anda juga dapat menemukan konsep ini. Kunjungi financing-strategies jika Anda ingin melihat konsep-konsep lain.

Obat #5: Buat Rumah Anda Sebagai Investasi yang Menguntungkan
Clason merekomendasikan Anda untuk memiliki rumah sendiri. Rumah Anda adalah harta yang berharga, yang bisa memberi perlindungan untuk Anda, keluarga, dan juga harta Anda yang lain. Jadi, buatlah rumah Anda sebagai investasi yang berharga, sehingga rumah tersebut dapat memberi Anda kenyamanan dan rasa percaya diri dalam usaha Anda.

Obat #6: Amankan Masa Depan Anda
Amankan masa depan Anda sehingga Anda dan keluarga mendapat perlindungan finansial di masa depan. Lakukan yang terbaik pada hari ini untuk mempersiapkan segala kebutuhan masa depan.

Obat #7: Tingkatkan Kemampuan Anda untuk Mencari Uang
Jangan pernah berhenti belajar, selalu tingkatkan keahlian dan pengetahuan Anda dalam bidang Anda saat ini. Dengan begitu, maka pendapatkan Anda juga bisa meningkat, karena Anda akan berkembang menjadi orang yang lebih bijaksana, dan Anda juga akan mampu untuk bekerja dengan lebih baik dalam bidang Anda saat ini. Saya percaya Anda telah melakukannya, karena Anda sedang membaca artikel ini :)

7 poin berharga untuk Dompet yang Tipis Reviewed by Reko Srowako on 5:37 AM Rating: 5 Dalam buku fenomenalnya yang berjudul The Richest Man In Babylon , George S. Clason memberi pelajaran-pelajaran berharga dalam hal keu...

1 comment:

Backlinks enable you to keep track of other pages on the web that link to your post